RANGKUMAN BAB.1 DAN BAB.2 INFORMATIKA KELAS 7
1.
Infografis berisi informasi teks dan gambar atau
grafik lain yang akan mempermudah pembaca menangkap pesan yang dimaksud.
2.
Perancangan konten infografis perlu
memperhatikan hal berikut.
·
Tujuan infografis dibuat: untuk mengedukasi,
himbauan, ajakan, atau lainnya.
·
Kepada siapa infografis ditujukan. Misalnya,
membuat infografis untuk adik-adik TK akan berbeda dengan infografis paparan
proyek sains kalian.
·
Infografis saintifik kontennya harus lebih
saintifik dan sesuai kaidah sains.
·
Konten harus benar, masuk akal, dan jelas
sumbernya. Konten bergantung pada tujuan infografis dibuat.
3.
Berpikir komputasional adalah cara berpikir
untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, jika dikembangkan,
dapat dilakukan oleh komputer.
4.
Dalam mengatur rangkaian pekerjaan, terkadang
ditemukan ada dua atau lebih pekerjaan yang dapat dilakukan secara paralel.
Misalnya, ketika kalian akan mengerjakan PR, ibu meminta bantuan kalian untuk
mendidihkan air yang berada pada sebuah panci besar. Kalian dapat menyalakan
kompor dan menaruh panci berisi air di atas kompor tersebut. Tentunya, kalian
tidak perlu menunggu air tersebut sampai mendidih terlebih dahulu baru mulai mengerjakan
PR. Kalian bisa mengerjakan PR selagi menunggu air tersebut mendidih. Ingat,
jangan keasyikan mengerjakan PR sampai air habis karena terlalu lama mendidih
5.
Eisien: tepat atau sesuai untuk mengerjakan
(menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya);
mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat; berdaya guna; bertepat guna;
sangkil.
6.
Efektif: ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya,
kesannya); dapat membawa hasil; berhasil guna (tentang usaha, tindakan);
mangkus.
Komentar
Posting Komentar