RANGKUMAN MATERI INFORMATIKA BAB.1 DAN BAB.2

1.       Informatika merupakan bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut

2.       Komputasi merupakan ilmu yang berkaitan dengan Pemodelan matematika dan pemanfaatan komputer dalam memecahkan masalah sains

3.       TIK merupakan salah satu bagian yang dipelajari dalam informatika. TIK adalah semua bentuk teknologi yang dipakai untuk mengirimkan, menyimpan, menciptakan, membagikan, atau mempertukarkan informasi.

4.       Cakupan dari informatika adalah Berpikir komputational (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB)

5.       Belajar informatika tidak harus menggunakan komputer. Tujuan penting belajar informatika adalah agar kalian memahami cara kerja komputer dan sistem digital berbasis komputer

6.       Problem solving merupakan suatu upaya untuk mengatasi suatu keadaan atau situasi yang harus diselesaikan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menghadapi persoalan yang harus diselesaikan atau diatasi. Makin dewasa, problem yang akan dihadapi mungkin akan makin rumit.

7.       Infografis merupakan informasi teks dan gambar atau grafik lain yang akan mempermudah pembaca menangkap pesan yang dimaksud

8.       Teknik berpikir komputasional terdiri dari : Dekomposisi, Algoritma, Pengenalan Pola dan Abstraksi

9.       Dekomposisi adalah teknik berpikir komputasional dimana teknik pemecahan masalahnya dengan cara memecah masalah - masalah menjadi bagian - bagian yang kecil.

10.   Pengenalan Pola yaitu Teknik menyelesaikan masalah dengan menyimak pola persoalan tsb. Jika pola permasalahan sama, maka bisa menerapkan solusi yang sama.

11.   Abstraksi adalah Teknik berpikir komputasional dimana pemecahan masalahnya dengan mencari bagian penting dari suatu permasalahan dan mengabaikan yang tidak penting, sehingga memudahkan fokus kepada solusi

12.   Algoritma Teknik berpikir komputasional dimana pemecahan masalahnya dengan cara mengurutkan instruksi logis

13.   Teknik algoritma dapat direpresentasikan dalam bentuk Flowchart. Flowchart atau bagan alur adalah diagram yang menampilkan langkah-langkah dan keputusan untuk melakukan sebuah proses dari suatu program. Setiap langkah digambarkan dalam bentuk diagram dan dihubungkan dengan garis atau arah panah.

14.   Perancangan konten infografis perlu memperhatikan hal berikut :

·         Tujuan infografis dibuat

·         Kepada siapa infografis ditujukan

·         Konten harus benar, masuk akal, dan jelas sumbernya

15.   Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, jika dikembangkan, dapat dilakukan oleh komputer

16.   Optimasi Penjadwalan adalah kondisi dimana sebuah jadwal tidak bentrok dan lebih optimal dari jadwal yang sudah ada sebelumnya

17.   Dalam mengatur rangkaian pekerjaan, terkadang ditemukan ada dua atau lebih pekerjaan yang dapat dilakukan secara paralel. Misalnya, ketika kalian akan mengerjakan PR, ibu meminta bantuan kalian untuk mendidihkan air yang berada pada sebuah panci besar. Kalian dapat menyalakan kompor dan menaruh panci berisi air di atas kompor tersebut. Tentunya, kalian tidak perlu menunggu air tersebut sampai mendidih terlebih dahulu baru mulai mengerjakan PR. Kalian bisa mengerjakan PR selagi menunggu air tersebut mendidih. Ingat, jangan keasyikan mengerjakan PR sampai air habis karena terlalu lama mendidih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN MATERI BERPIKIR KOMPUTASIONAL KELAS 7

Merangkum Narasi dari Konten Digital